MAC Address Spoofing



MAC ADDRESS SPOOFING

Dalam konteks kemanan informasi dan terutama keamanan jaringan, spoofing adalah situasi dimana seseorang atau program berhasil mengidentifikasi sebagai orang lain dengan memalsukan data untuk mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain spoofing berarti memalsukan diri atau identitas kita.

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang digunakan pada lapisan data-link dalam OSI Layer, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC Address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai ethernet address, physical address atau hardware address.

Disini kita akan menyamarkan/memalsukan MAC Address kita dengan suatu aplikasi yang bernama Technitium MAC Address Changer. bagaimana caranya?? silahkan disimak..

Persiapan :
Download TMac DISINI
Kemudian Install


Tahap 1 : Sambungkan Laptop/PC Ke Jaringan
Disini saya menggunakan laptop saya untuk terhubung kejaringan wifi hotspot kostan teman saya.


Setelah itu cek MAC Address yang terdapat pada kartu wifi kalian.
Cara mengeceknya dengan membuka Network and Sharing Center pada control panel dan memilih adapter kartu wifi kalian.

Setelah ketemu adapter kartu wifi kalian klik kanan kemudian klik Status dan klik Details

Disitu sudah terlihat jelas MAC Address yang ada di kartu wifi kita.
Kalian juga bisa melihat apakah kartu jaringan dengan MAC Address kita sudah masuk kejaringan wifi dengan cara masuk ke konfigurasi access point wifi dan melihat apakah komputer kita sudah terhubung dengan MAC Address kita.


Disitu sudah terlihat bahwa komputer kita sudah terkoneksi dengan jaringan wifi tersebut dan MAC Address kita sama persis dengan yang tertera di kartu jaringan kita.

Tahap 2 : Merubah/Spoof Mac Address
Setelah komputer kita terhubung, buka aplikasi yang kita download tadi sebagai admin dengan cara klik kanan - run as admin dan biarkan aplikasi terbuka

Setelah aplikasi terbuka pilih kartu jaringan kita (Wifi) dan centang kartu jaringan tersebut.
Setelah itu klik Random MAC Address kemudian klik Change Now!


Tunggu beberapa saat dan setelah maka akan ada pemberitahuan bahwa MAC Address telah dirubah.

Setelah itu kita melakukan pengecekan dengan cara kembali ke Status pada adapter wifi dan pastikan MAC Address kita telah terubah.


Untuk memastikan bahwa MAC Address kita telah terubah pada jaringan, lakukan pengecekan ulang pada halaman konfigurasi access point dan lihat apakah MAC Address kita benar-benar terubah dan terkoneksi dengan jaringan.


Jika MAC Address baru kita sudah terkoneksi kedalam jaringan maka selamat kalian telah menggunakan MAC Address palsu/spoof pada komputer kalian.

Kegunaan Lain :
MAC Address spoofing sangat berguna ketika kalian berusaha mengelabui suatu jaringan dengan cara memalsukan MAC Address kalian.

Comments